Judul/Title: Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa
Penulis/Author: Prof. Dr. H. G. Tarigan
Penerbit/Publisher: Angkasa
Edisi/Edition: 1987
Halaman/Pages: 232
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 50.000
Status: Ada/Available
***
Tatkala kurikulum 1975 mulai diberlakukan maka mulai terasa kurangnya buku teks keterampilan berbahasa. Guru-guru, dalam berbagai kesempatan seperti seminar, penataran dan diskusi, meminta kepada penulis untuk menyediakan buku-buku teks keterampilan berbahasa dalam bahasa Indonesia.
Keluhan guru itu memang sesuai dengan hasil penelitian C.E.Beeby. Ia menyimpulkan bahwa kelemahan umum pengajaran di Indonesia terletak dalam segi metodologi pengajaran. Guru mengajar secara rutin. Padahal hasil belajar dekat sekali hubungannya dengan metode mengajar yang diikuti cara belajar siswa.
Menanggapi permintaan rekan guru bahasa itu dan mengobati "penyakit rutinisme" seperti yang dilansir Beeby, penulis memberanikan diri menulis buku ini. Isinya, sesuai dengan judulnya, mengenai hal-hal berikut:
(i) Pembahasan proses belajar-mengajar secara umum
(ii) Pendekatan dalam pengajaran
(iii) Aneka teknik pengajaran menyimak
(iv) Aneka teknik pengajaran berbahasa
(v) Aneka teknik pengajaran membaca
(vi) Aneka teknik pengajaran menulis
Penulis/Author: Prof. Dr. H. G. Tarigan
Penerbit/Publisher: Angkasa
Edisi/Edition: 1987
Halaman/Pages: 232
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 50.000
Status: Ada/Available
***
Tatkala kurikulum 1975 mulai diberlakukan maka mulai terasa kurangnya buku teks keterampilan berbahasa. Guru-guru, dalam berbagai kesempatan seperti seminar, penataran dan diskusi, meminta kepada penulis untuk menyediakan buku-buku teks keterampilan berbahasa dalam bahasa Indonesia.
Keluhan guru itu memang sesuai dengan hasil penelitian C.E.Beeby. Ia menyimpulkan bahwa kelemahan umum pengajaran di Indonesia terletak dalam segi metodologi pengajaran. Guru mengajar secara rutin. Padahal hasil belajar dekat sekali hubungannya dengan metode mengajar yang diikuti cara belajar siswa.
Menanggapi permintaan rekan guru bahasa itu dan mengobati "penyakit rutinisme" seperti yang dilansir Beeby, penulis memberanikan diri menulis buku ini. Isinya, sesuai dengan judulnya, mengenai hal-hal berikut:
(i) Pembahasan proses belajar-mengajar secara umum
(ii) Pendekatan dalam pengajaran
(iii) Aneka teknik pengajaran menyimak
(iv) Aneka teknik pengajaran berbahasa
(v) Aneka teknik pengajaran membaca
(vi) Aneka teknik pengajaran menulis
No comments:
Post a Comment