Friday 4 July 2014

Dramaturgi, RMA. Harymawan

Judul/Title: Dramaturgi
Penulis/Author: RMA. Harymawan
Penerbit/Publisher: Rosda
Edisi/Edition:1988
Halaman/Pages: 241
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: 55.000
Status: Ada/Available

***

Dramaturgi adalah seni atau teknik menulis drama serta menyelenggarakan pementasannya. Kadang-kadang disebut juga dramatologi.
Di dalam buku ini seni dan teknik tersebut diperkenalkan serta dibahas berbagai unsurnya dan dari berbagai segi. Bermacam-macam pentas dengan perlengkapannya ditunjukkan, dibantu dengan ilustrasi-ilustrasi skematis. Juga diterangkan sstruktur serta cara kerja organisasi teater profesional yaitu yang organisasinya permanen, lengkap dengan cara mempertanggungjawabkan keuangannya segala!

Dengan membaca buku ini kita akan lebih mampu mengapresiasi berbagai jenis teater, dari teater tradisional sampai teater eksperimental dan "teater primitif" yang kontemporer, dari teater literer sampe teater antiliterer. Dengan mengerti kita bisa lebih menikmati.

Bagi mereka yang berminat mempelajari masalah teater secara lebih mendalam buku ini merupakan buku teks, sebagai buku pengantar satu introduksi. Hal itu tidak mengherankan karena penulisnya R.M.A Harymawan, adalah dosen yang memberikan kuliah drama di IKIP Sanata Dharma Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment