Friday 4 July 2014

Pengantar Etika Bisnis, K. Bertens

Judul/Title: Pengantar Etika Bisnis
Penulis/Author: Prof. Dr. Kees Bertens
Penerbit/Publisher: Kanisius
Edisi/Edition: 2000
Halaman/Pages: 401
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 65.000
Status: Ada/Available

***

Etika bisnis adalah pemikiran atau refleksi tentang moralitas dan ekonomi dan bisnis. Moralitas berarti aspek baik atau buruk, terpuji atau tercela, dan karenanya diperbolehkan atau tidak, dari perilaku manusia. Moralitas selalu berkaitan dengan apa yang dilakukan manusia, dan kegiatan ekonomis merupakan suatu bidang perilaku manusia yang penting. Tidak mengherankan jika sejak dahulu kala etika menyoroti juga ekonomi dan bisnis. Tetapi, belum pernah etika bisnis mendapat begitu banyak perhatian seperti zaman kita sekarang.

Dalam buku ini akan dijelaskan bagaimana etika bisnis kini menjadi suatu bidang garapan intelektual dan akademis yang tidak kalah dengan bidang lain. Apakah perhatian baru ini merupakan suatu gejala mode saja, yang sesudah beberapa waktu akan lenyap dengan sendirinya, sebagaimana terjadi sebelumnya dengan begitu banyak gejala mode lain? Hanya perkembangan selanjutnya dapat menyediakan jawaban yang pasti. Tetapi, banyak orang berkeyakinan bahwa peranan etika bisnis tidak boleh bersifat sementara saja karena menyangkut suatu aspek hakiki dari bisnis. Bisnis sendiri dan semua pihak yang terlibat didalamnya akan dirugikan bila segi etika bisnis ini diabaikan, Karena itu, etika sepatutnya diberi tempat juga bila kita mendidik dan melatih orang muda yang ingin memilih bisnis sebagai profesinya.

Apa yang diharapkan sebagai hasil studi tentang etika bisnis? Terutama ada tiga tujuan yang ingin kita capai melalui studi ini: 

  1. Menanamkan atau meningkatkan kesadaran akan adanya dimensi etika dalam bisnis.
  2. Memperkenalkan argumentasi moral, khususnya di bidang ekonomi dan bisnis, serta membantu pebisnis atau calon pebisnis dalam menyusun argumentasi moral yang tepat
  3. Membantu pebisnis atau calon pebisnis untuk menentukan sikap moral yang tepat di dalam profesinya. Selain tiga tujuan pokok tadi, pantas ditambahkan lagi tujuan-tujuan yang selalu diharapkan dapat terwujud melalui studi humaniora pada umumnya dan studi filsafat pada khususnya, antara lain menyediakan wawasan yang luas, melatih orang berpikir kritis dan bernuansa, menghindari pendekatan hitam putih, dan sebagainya.


Prof. Dr. Kees Bertens dilahiran di Nederland tahun 1963. Belajar di Universitas Leuven, Belgia. Pada tahun 1968 meraih gelar doktor dengan sebuah disertasi tentang Nicolas Malebrance, seorang filsuf Prancis abad XVII. Sejak 1968 mengajar filsafat di pelbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sejak 1983 termasuk staf Pusat Pengembangan Universitas Atma Jaya, Jakarta. Menulis banyak buku tentang Filsafat dan sejarah Filsafat, antara lain Ringkasan Sejarah Filsafat (Kanisius), Filsafat Barat Abad XX, dua jilid (Gramedia), Etika (Gramedia), Membahas Kasus Etika Kedokteran (Grasindo). Ia menerjemahkan juga beberapa buku a.l. Memperkenalkan Psikoanalisa dan Sekelumit sejarah Psikoanalisa, karangan Sigmund Freud (Gramedia).

No comments:

Post a Comment