Friday 4 July 2014

Pengantar Teori Sastra, Dr. Wahyudi Siswanto

Judul/Title: Pengantar Teori Sastra
Penulis/Author: Dr. Wahyudi Siswanto
Penerbit/Publisher: Grasindo
Edisi/Edition: 2008
Halaman/Pages: 207
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 55.000
Status: Ada/Available

***

Sudah banyak beredar di Indonesia buku teori sastra atau pengantar teori sastra, baik buku terjemahan maupun buku asli (bukan terjemahan). Ironisnya, sering orang malah tak paham apa itu karya sastra setelah membaca buku-buku itu.

Buku Pengantar Teori Sastra yang ditulis Dr. Wahyudi Siswanto ini justru berhasil mengidentifikasikan apa yang dimaksud dengan karya sastra (dengan sembilan ciri) dan apa yang dimaksud dengan karya sastra yang bagus (dengan delapan ciri). Selain itu, dosen Universitas Negeri Malang ini pun membahas puisi (Bab 6), Prosa Rekaan (Bab 7), Kajian Sastra (Bab 9), dan hubungan sastra dengan pendidikan (Bab 8). 
Yang tak kalah menarik adalah telaah tentang kaitan sastrawan dengan karya sastra, pembaca, semesta, dan latar belakangnya (Bab 2-6).

Buku ini sangat cocok untuk para mahasiswa di perguruan tinggi guna memahami di karya sastra. Para dosen sastra pun sangat terbantu dengan buku ini dalam mengajarkan sastra. Guru bahasa dan Sastra Indonesia di SMA dan sederajat juga sangat dianjurkan membaca buku ini.

No comments:

Post a Comment